Wednesday 30 September 2009

MENGAJAR BUKANLAH SELALU DIARTIKAN MEMBERI

KONSEP TEORI MENGAJAR
Konsep mengajar merupakan telaah penting dalam memetakan secara lengkap ttg perkembangan teori mengajar. Konsep-konsep yang diterapkan dalam teori dan praktek mengajar, akan mewarni perkembangan dan karateristik teori itu sendiri yang pada gilirannya merupakan rumusan dari teori mengajar yang dibangun. Ada beberapa konsp mengajar yang menjadi pijakan dalam teori mengajar.
  1. Ramsden (1992 : 111 - 120) : mengemukakan minimal ada 3 konsep teori mengajar dan praktek mengajar yang cenderung menjadi kajian para ilmuwan ataupun praktisi pendidikan. Theory 1 : "teaching as telling or transmission". Mengajar adalah proses menyampaikan atau mentranmisikan sesuatu. Konsep seperti ini menekankan bahwa penyampaian bahan ataupun teaching delivery mrupakan hal yang dominan dlm mewarna berbagai konsep dan praktek mengajar. Dalam teori ini fokus kegiatannya adalah apa yang akan dilakukan guru terhadap perdik (baca: peserta didik). " what the teacher does to students". Laporan Robbin (1987: 68) menyebutkan " key functions of education in terms of tranmission of culture and intruction in skills. The traditional didactic lecture, is a supreme representation of a prespective on teaching taken from thr point of viwe of teacher as sourece of undistorted information". Fungsi utama dalam pendidikan..... (postingannya nyampe ini dulunanti lain waktu dilanjutkan)

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More