Saturday 26 February 2011

MASALAH ANAK DALAM PENGELOLAAN KELAS

MASALAH ANAK DALAM PENGELOLAAN KELAS
A.      Pentingnya Pengenalan Masalah Anak.
Berbagai bentuk perilaku anak akan ditemui oleh guru di sekolah, seperti anak agresif, tak bisa tenang dan suka bertengkar, pemalu dan lebih suka menyendiri, suka menangis, dan suka rnemukul. Perilaku-perilaku tersebut merupakan tanda bagi guru bahwa ada sesuatu yang tidak beres pada diri anak, atau dengan kata lain mereka sedang menghadapi masalah. Guru perlu mengerti bahwa perilaku tersebut ada sebab atau latar belakangnya. Oleh karena itu guru perlu mengetahui penyebab dari masalah-masalah yang dihadapi anak tersebut.
Perilaku anak di kelas, di depan guru, teman-temannya atau di depan orang lain disebabkan oleh pengalaman-pengalaman yang telah diperoleh anak, kondisi yang dihadapinya saat itu, dan dapat pula disebabkan oleh berbagai keinginannya. Hal ini telah berkembang dalam diri anak atau dapat pula merupakan hasil interaksi antara dirinya dengan semua aspek lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat umumnya. Jone dan Jones (1980) mengatakan bahwa tingkah laku anak di dalam kelas merupakan pencerminan dari keadaan keluarganya. Bagi keluarga yang kurang stabil dapat menimbulkan ketegangan pada diri anak dan membuat mereka kurang berhasil dengan baik untuk memenuhi tuntutan akademik dan tuntutan sosial di sekolah.
Di sekolah berbagai bentuk perilaku anak akan ditemui oleh guru, seperti anak agresif, tak bisa tenang dan suka bertengkar, pemalu dan lebih suka menyendiri, suka menangis, dan suka memukul. Perilaku-perilaku tersebut merupakan tanda bagi guru bahwa ada sesuatu yang tidak beres pada diri anak, atau dengan kata lain mereka sedang menghadapi masalah.
Guru perlu mengerti bahwa perilaku tersebut tentu ada sebabnya atau latar belakang dari setiap perilaku tersebut. Oleh karena itu guru perlu mengetahui sebab-sebab yang sebenarnya dari masalah-masalah yang dihadapi anak tersebut.
Ada suatu anggapan bahwa masalah-masalah anak tidak dapat ditinggalkan di rumah. Bagaimanapun anak akan membawanya ke sekolah sehingga dapat mengganggu proses pembelajaran di kelas. Bahkan mungkin proses pembelajaran menjadi tidak terjadi sama sekali, apabila anak mengalami tekanan bathin karena keamanannya terancam, dan kebutuhan psikologisnya tidak terpenuhi, merasa terkucilkan, merasa tidak dihargai, dan merasa tidak disenangi. Dalam kondisi seperti itu, kemampuan anak untuk belajar menjadi terhalangi sehingga usaha guru untuk melaksanakan proses pembelajaran menjadi sia-sia saja.
Pekerjaan guru tidak akan berhasil dengan baik apabila ia tidak atau kurang memahami anak. Apabila guru ingin sukses dalam melaksanakan pembelajaran, maka pengelolaan kelas yang dilakukan hendaknya men-cakup usaha guru untuk memahami masalah-masalah anak dan dapat mengambil langkah penyelesaiannya dengan tepat dan benar.
B.      Jenis Masalah Anak dalam Pengelolaan Kelas
Masalah pengelolaan kelas yang bersumber dari anak dapat dikelompokkan pula menjadi dua kategori, yaitu masalah individual dan masalah kelompok.
Untuk melakukan pengelolaan kelas yang efektif diperlukan kehati-hatian dalam mengidentifikasi suatu masalah, apakah masalah ini bersifat individual atau kelompok. Kekurang hati-hatian guru dalam memahami masalah dapat menyebabkan kekeliruan dalam menentukan jenis masalah yang muncul. Misalnya, bisa saja terjadi masalah kelompok dilihat sebagai masalah individual atau sebaliknya.
1.      Masalah individual
Masalah Individual adalah masalah pengelolaan kelas yang sumber penyebabnya adalah individu anak. Terdapat empat kategori masalah individual dalam kelas, yaitu tingkah laku yang ingin mendapatkan perhatian orang lain, tingkah laku yang ingin menunjukkan kekuatan, tingkah laku yang bertujuan menyakiti orang lain dan peragaan ketidakmampuan. Bentuk-bentuk perilaku tersebut menimbulkan masalah dalam kelas dan dapat menganggu kelancaran pembelajaran.
Masalah individual yang dapat dilihat sebagai wujud dari bentuk perilaku tersebut di antaranya adalah sebagai berikut:
a)      anak sering menunjukkan gerak tubuh atau perilaku yang tampak kebodoh-bodohan atau berbuat aneh yang semata-mata untuk menarik perhatian kelas.
b)      anak tertawa lebih keras dibandingkan teman-temannya.
c)      anak suka bercanda dan sering menggoda teman sebelahnya.
d)      anak pura-pura sakit.
e)      anak pura-pura tidak mengerti sehingga selalu bertanya.
f)       anak selalu menunjukkan kegiatan yang lamban dan sebagainya.
g)      anak sering mendebat dan kehilangan kontrol.
h)      anak cenderung menunjukkan perilaku yang selalu ingin mengalahkan orang lain.
i)        anak marah-marah (tindakan aktif) dan melakukan tindakan agresif.
j)        anak menarik diri sama sekali dan tidak mau melaksanakan kewajiban-ke-wajibannya.
k)      anak selalu lupa pada aturan-aturan penting dalam kelas.
l)        anak melakukan tindakan-tindakan fisik yang dapat menyakiti orang lain.
m)   anak tidak mau sama sekali menerima tugas yang diberikan kepadanya dan selalu mengatakan tidak bisa.
n)      anak merasa pesimis atau putus asa terhadap semua keadaan.
o)      anak memiliki rasa permusuhan atau menentang kepada semua peraturan, dan
p)      anak pasif atau potensi rendah serta datang ke sekolah tidak teratur.
q)      Masalah individual.
2.      Masalah kelompok
Masalah kelompok adalah masalah pengelolaan kelas yang sumber penyebabnya adalah kelompok. Johnson dan Bany (dalam Hasibuan, 1994) mengemukakan enam kategori masalah kelompok dalam pengelolaan kelas, yaitu:
a)      kelas kurang kohesif, misalnya perbedaan jenis kelamin, suku, dan tingkatan sosio-ekonomi. Kelas yang kurang kohesif ditandai dengan lemahnya hubungan interpersonal di dalam kelas. Hal ini dapat disebabkan karena perbedaan jenis kelamin, suku dan tingkat sosial ekonomi. Sering terlihat adanya permusuhan sekelompok anak perempuan dengan sekelompok anak laki-laki. Lemahnya hubungan ini terlihat pula karena perbedaaan suku, kota asal, kampung atau tempat tinggal. Di dalam kelas sekelompok anak ini bisa menampakkan hubungan yang sangat jarak dan tidak akrab dan terkadang bisa menimbulkan pertentangan-pertantangan di dalam kelas. Pertentangan itu bahkan ditambah pula oleh faktor pemicu lain seperti berbedanya tingkat sosial ekonomi mereka. Setiap kelompok anak membangun suatu kekuatan atas dasar persamaan-persamaan yang dimiliki. Dalam hal ini masing-masing kelompok bisa saling menutup diri dalam pergaulannya, sehingga sulit jika guru menugaskan suatu tugas kerjasama.

b)      kelas mereaksi negatif terhadap salah satu seorang anggotanya, misalnya mengejek anggota kelas dalam menyanyi karena suaranya sumbang. Kelas mereaksi negatif terhadap salah seorang siswa dapat pula menimbulkan masalah dalam kelas, misalnya dengan mentertawakan, menghina secara bersama-sama, yang menyebabkan kelas menjadi ribut dan tidak kondusif untuk belajar. Biasanya anak yang diketawakan anak yang pemalu, cengeng, suaranya sumbang kalau bernyanyi dan berpenampilan kurang menarik.
c)      membesarkan hati anggota kelompok kelas yang justru melanggar norma kelompok, misalnya pemberian semangat kepada badut kelas. Dukungan kepada badut kelas mengakibatkan pula makin berlarutnya masalah di dalam kelas. Anak yang membadut makin menunjukkan kebolehannya melucu dan berperilaku yang aneh-aneh. Hal ini menimbulkan sorak-sorai dan tertawaan anak yang berlebihan sehingga dapat mengalihkan perhatian anak untuk belajar.
d)      kelompok cenderung mudah dialihkan perhatiannya dari tugas yang tengah dikerjakan. Mudahnya teralihkan perhatian anak selain karena anak yang membadut juga karena hal-hal lain yang dengan cepat memancing perhatian anak, seperti melihat peralatan belajar dan mainan kawan yang baru, tindakan-tindakan iseng dari kawan, dan situasi lingkungan sekolah yang kurang mendukung kegiatan belajar.
e)      semangat kerja rendah, misalnya semacam aksi protes kepada guru karena menganggap tugas yang diberikan kurang adil. Masalah anak secara kelompok juga terjadi karena semangat kerja rendah sebagat akibat perlakuan yang tidak adil dari guru, seperti ketidakadilan dalam menentukan jenis tugas yang dikerjakan, dan peralatan atau bahan yang ditentukan guru.
f)       kelas kurang mampu menyesuaikan diri dengan keadaan baru, misalnya gangguan jadwal, atau guru kelas terpaksa diganti sementara oleh guru lain. Terkadang anak merasa lebih tertarik dengan tugas yang dikerjakan anak yang lain yang sudah ditentukan, atau anak lebih tertarik dengan benda atau alat-alat yang digunakan anak lain yang sudah ditentukan guru. Jika situasi ini tidak ditanggapi guru maka akan menimbulkan masalah, seperti anak malas dan tidak bersemangat untuk meneruskan pekerjaannya. Adanya hal-hal baru menurut anak, seperti pertukaran jadwal dan guru, sering pula menimbulkan masalah bagi anak. Jika jadwal bertukar, guru berganti, ini diartikan sebagai sesuatu yang tidak berjalan seperti biasanya, seperti jam masuk atau istirahat atau pulang yang sudah berganti, dan ibu guru lain yang belum sepenuhnya dikenali. Hal ini cenderung membuat anak-anak resah dan cemas dalam mengikuti kegiatan di dalam kelas, karena biasanya mereka seharusnya sudah istirahat atau pulang, tapi dengan pertukaran jadwal mereka belum bisa istirahat atau belum pulang. Atau yang seharusnya mereka harus belajar dengan guru yang manis dan ramah, sekarang mereka dihadapkan dengan guru yang pemarah. Kenyataan-kenyataan ini berpengaruh pada anak dalam belajar dan dapat menjadi masalah besar dalam pengelolaan kelas, karena anak dirundung rasa takut dan cemas untuk belajar.
Dalam penanganan masalah pengelolaan kelas, guru perlu mengetahui sebab sebab anak berperilaku yang tidak diharapkan Pendekatan berikut perlu dipahami oleh para guru di kelas. Schaefer (1996) mengemukakan ada dua pendekatan dalam memahami masalah anak, yaitu pendekatan dari luar (surface approach), dan pendekatan kausal (causal approach).
Pendekatan dari luar (Surface Approach) lebih memusatkan penguasaan dan pengendalian terhadap tingkah laku anak yang dapat dilihat dan diamati. Pendekatan ini biasanya dipakai guru yang bersikap kaku, bergaya otoriter yang selalu mengharapkan seluruh anak-anak didiknya patuh dan taat kepada aturan dan ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkannya sepihak. Tipe guru seperti ini menilai berat atau ringannya suatu kesalahan anak sesuai dengan akibat-akibat praktis dari kesalahan itu. Misalnya, suatu kesalahan karena tidak sengaja, seorang anak minum sambil berdiri dan tanpa sengaja tabung airnya lepas, airnya tumpah membasahi kawannya yang sedang duduk di samping bangkunya sehingga anak yang terkena tumpahan air itu menangis. Kemudian kesalahan anak ini dianggap yang lebih berat dari pada anak yang dengan sengaja menumpahkan air ke lantai.
Pendekatan Kausal (CausalApproach), mencoba mencari dan mengerti motifmotif yang mendasari tindakan dan maksud-maksud dari suatu tindakan, serta berusaha untuk menemukan mengapa seorang anak bertindak demikian. Pendekatan ini berusaha memecahkan masalah dengan jalan menghilangkan sebab-sebab atau akarnya yang tersembunyi. Dalam pendekatan ini biasanya guru memandang setiap perilaku anak mempunyai alasan-alasan tertentu atau didorong oleh suatu motif.
Sehubungan dengan hal itu Schaefer (1996) mengemukakan pula bahwa di antara motif-motif yang umum dari tingkah laku salah pada anak disebabkan oleh;
a)      perhatian, anak-anak ingin mendapatkan perhatian, bahkan peringatan dan kritik.
b)      pembalasan, anak-anak memberikan pembalasan karena merasa pernah disakiti dan terhalangi keinginnnya.
c)      salah pengertian, anak tidak mengerti tentang apa yang diharapkan dari dirinya, atau karena lupa peraturan-peraturan.
d)      perjuangan hak, anak-anak menginginkan agar ia dibiarkan melakukan cara dan kehendaknya sendiri dalam suatii perselisihan.
e)      sebab keadaan jasmani; anak merasa mudah tersinggung dan marah karena dia letih, lapar atau sakit.
f)       persaingan, anak bersifat cemburu untuk memperoleh perhatian dan kelebihan terhadap teman sebayanya.
g)      pemindahan, anak menderita karena beberapa harga diri yang terluka yang dialaminya, dan mencoba memindahkan kepada orang lain.
h)      nilai-nilai, anak hanya memikirkan diri sendiri (egosentris) dan ha'mpir tidak memperdulikan orang lain, dan tidak merasa bersalah atas suatu perbuatannya.

C.      Teknik Penanggulangan Masalah Anak dalam Pengelolaan Kelas.
Penanggulangan masalah anak dalam pengelolaan kelas tidak semuanya dapat dilakukan guru, walaupun sebenarnya, yang banyak tahu tentang kondisi anak dalam kelas adalah guru. Dalam hal ini ada batasan kewenangan guru, karena tidak semua tindakan untuk penangulangan masalah anak dalam pengelolaan kelas berada dalam kewenangannya.
Teknik pengelolaan kelas tersebut dapat dikelompokkan ke dalam teknik preventif dan teknik kuratif. Teknik preventif adalah teknik untuk mencegah timbulnya tingkah laku anak yang dapat mengganggu kegiatan pembelajaran, sedangkan teknik kuratif adalah teknik untuk menanggulangi perilaku anak yang menganggu kegiatan belajar.
Penerapan teknik preventif dilakukan guru adalah dengan maksud tersedianya suatu kondisi yang nyaman dan aman bagi anak untuk beraktivitas di kelas. Teknik kuratif merupakan tindakan korektif yang dilakukan guru terhadap perilaku anak yang menyimpang dan merusak kondisi optimal bagi kelangsungan aktivitas anak di dalam kelas. Dalam teknik kuratif ini tindakan penangulangan yang dilakukan guru bisa saat terjadi gangguan, dan tindakan penyembuhan terhadap perilaku anak yang menyimpang yang terlanjur terjadi agar penyimpangan tersebut tidak berulang-ulang. Semua rangkaian kegiatan pengelolaan kelas ini dilakukan guru dengan maksud untuk menyediakan kondisi yang optimal bagi proses pembelajaran anak di kelas atau tersedianya kondisi yang kondusif bagi pembelajaran anak sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan efektif.
Hasibuan (1994) mengemukakan sejumlah sikap dan tindakan guru dalam masing-masing teknik di atas, yaitu;
1.      Teknik preventif
Sikap dan tindakan guru yang preventif adalah
a)      sikap terbuka.
Sikap terbuka dalam pencegahan perilaku siswa yang tidak diharapkan dalam kelas merupakan sikap guru yang penting untuk menunjukkan keakraban hubungannya dengan anak. Dengan menciptakan suasan keterbukaan, anak-anak benar-benar merasa bebas dan leluasa untuk mengemukakan pendapatnya serta penuh keyakinan bahwa guru akan selalu mendengarkan dan memperhatikan pendapatnya. Untuk menyatakan keterbukaan ini guru menyatakan kebaikannya kalau sekiranya anak-anak juga baik atau sebaliknya. Contoh, waktu bermain di bak pasir, Yana menaruh pasir di kepala Yanto. Guru sudah menegur Yana untuk tidak mengulangi perbuatannya tapi Yana tetap mengulangnya. Menghadapi perilaku anak tersebut Ibu Dewi," Yana, dalam belajar Ibu ingin anak Ibu belajar dengan baik, pasir jangan diletakkan di atas kepala kawannya, kalau kita jadi anak baik kawan-kawan kita juga baik dan Ibu guru juga baik, Ibu senang selama belajar anak-anak Ibu baik dan patuh".
b)      sikap menerima dan menghargai siswa sebagai manusia.
Kemudian untuk pencegahan perilaku anak yang tidak menunjang kegiatan pembelajaran adalah sikap menerima dan menghargai siswa sebagai manusia, akan berpengaruh baik juga kepada perkembangan anak. Sikap menerima apa adanya merupakan pernyataan sayang, merasa diterima berarti merasa di sayang. Anak tidak akan merasa rendah diri dan malu, karena guru memperlakukannya dengan cara yang tidak membeda-bedakan. Misalnya, membedakan antara anak yang pintar dengan yang bodoh. Dalam hal ini anak mendapatkan perlakukaan yang sama dari guru. Contoh lain pada kegiatan menggambar Putri sudah berusaha untuk meggambar dengan baik, tetapi pewarnaannya kurang rata. Melihat usaha Putri, Ibu guru Dian tetap menerima dan menghargainya sebagai suatu jerih payah. Ibu guru Dian berkata," Putri, kamu sudah berusaha untuk menggambar dan mewarnai, walaupun hasilnya begini, Ibu salut dan bangga dengan usaha mu".
c)      sikap empati.
Sikap empati, merupakan upaya yang dapat dilakukan dalam dimensi pencegahan. Dalam sikap empati berarti guru harus memandang anak dari sudut pandangan siswa. Sikap empati mecegah timbulnya rasa malu dan takut pada anak, dan dapat pula membangun keberanian anak, jika diminta untuk melakukan sesuatu kegiatan yang berhubungan dengan pembelajaran. Contoh, dalam pengembangan motorik anak Ibu guru Mila melatihkan mengancingkan baju anak, lalu anak mengatakan bahwa mengancingkan baju itu susah. Menghadapi hal ini Ibu guru Mila berkata," Anak-anak mengancingkan baju itu memang susah, tapi kalau sudah biasa nanti bisa sendiri".
d)      sikap demokratis.
Sikap demokratis, dapat pula ditunjukkan guru untuk teknik pencegahan. Dalam pembinaan suasana demokratis hendaknya terlihat dari sikap guru yang berusaha menempatkan perannya sebagai pengarah, dan pembimbing dalam proses pembelajaran.   Berbicara dengan suara yang ramah, membimbing anak, menggunakan kata-kata ajakan, menolong anak dan membagi tanggung jawab secara bersama, adalah beberapa contoh upaya guru untuk menciptakan suasana demokratis di dalam kelas. Pentingnya suasana demokratis ini bagi anak, karena dalam tindakan pengelolaan kelas anak diajarkan untuk bertanggung jawab, diperlakukan sebagai manusia yang dapat secara bijaksana mengambil keputusan di samping memberikan kesempatan untuk menanggung konsekuensi perbuatannya sendiri. Contoh, dalam upaya guru untuk memecah tanggung jawab pada anak di dalam kelas, waktu pembelajaran menggambar akan dimulai, guru minta tolong pada anak-anak untuk membersihkan papan tulis dan membagikan kertas gambar dengan berkata ramah, "Siapa anak-anak Ibu, yang bisa membersihkan papan tulis? "Kemudian berkata lagi, "Siapa anak Ibu yang bisa menolong membagikan kertas gambar ini?".
e)      mengarahkan anak pada tujuan kelompok.
Mengarahkan anak pada tujuan kelompok dan menghasilkan aturan kelompok penting pula dilakukan guru untuk pencegahan perilaku anak. Usaha yang dapat dilakukan guru untuk mengarahkan anak pada tujuan kelompok adalah mengarahkan anak ke tujuan kelas, khususnya tujuan pengajaran. Oleh karena itu guru perlu  merumuskan tujuan pembelajaran yang realistis serta mengkomunikasikan pada anak secara jelas. Contoh, Ibu guru Ani berkata, "Anak-anak kita membiasakan berdoa sebelum belajar, tujuannya supaya anak-anak Ibu nanti dapat belajar dengan baik".
f)       menghasilkan aturan kelompok yang disepakati bersama.
Untuk menghasilkan aturan kelompok yang disepakati bersama, dalam hal ini guru mengusahakan membuat aturan secara bersama dengan anakyang dapat mengikat anak menjadi kelompok yang padu di dalam kelas. Jika ada anak yang tidak menyetujui aturan yang akan digunakan dalam kelompok, akan mengurangi daya ikat aturan tersebut bagi kelompok. Dalam keadaan anak tidak dapat diminta partisipasinya dalam pembuatan aturan kelompok, maka minimal aturan yang ditetapkan itu disetujui oleh anak.
g)      memperjelas komunikasi.
Memperjelas komunikasi, guru diharapkan dapat memperjelas komunikasi yang dilakukan anak, karena tidak semua anak dapat berkomunikasi dengan baik. Dalam hal ini guru dapat mengulangi apa yang diucapkan anak dengan maksud mempertegas maksud anak. Contoh, guru Ani membantu penegasan Nurul dalam menceritakan pengalamannya selama liburan.
h)      menunjukkan kehadiran.
Menunjukkan kehadiran perlu dilakukan guru sebagai teknik pencegahan perilaku anak yang tidak diinginkan. Dalam hal ini guru perlu menunjukkan pada anak bahwa ia hadir di kelas, tidak hanya secara fisik tetapi juga mental. Berkaitan dengan hal ini, guru hendaknya sadar serta tanggap terhadap perhatian anak, keterlibatan anak sehingga dapat diketahui mana anak yang acuh atau kurang berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Sikap guru yang demikian dapat dirasakan oleh anak bahwa gurunya hadir bersama dengan mereka dan mengetahui apa yang mereka perbuat.
Beberapa contoh dari aturan dasar yang dapat dibuat bersama-sama dengan anak atau dimintai persetujuan anak, yaitu tentang:
1)      mengacungkan tangan sebelum bertanya
2)      mendengarkan baik-baik petunjuk guru
3)      mengikuti pengarahan yang diberikan guru
4)      menjalin kerja sama dengan teman sekelas
5)      menyeselesaikan tugas-tugas tepat pada waktunya
6)      membantu teman lain, seperti juga kamu akan dibantu
7)      membawa buku, pensil, kertas, penghapus, dan alat-alat lainnya yang diperlukan untuk belajar
8)      menempati tempat di tempat duduk sebelum bel berbunyi
9)      melakukan persiapan untuk pulang ke rumah secara tertib.
Aturan yang akan diterapkan pada anak hendaknya dibuat dengan jelas, sederhana dan singkat, sehingga tidak ada kesalahpahaman tentang apa yang diharapkan guru dari perilaku anak dan sebelum diterapkan mintalah persetujuan anak terlebih dahulu.
Memandang anak secara seksama dapat mengundang dan melibatkan anak dalam kontak pandang serta interaksi antar pribadi yang dapat dilakukan guru dalam bercakapcakap, bekerjasama, dan bersahabat dengan anak. Selain gerak mendekati anak, guru dapat pula menandakan kesiagaan guru, minat dan perhatian yang diberikan terhadap tugas serta aktivitas anak dalam belajar, sedangkan memberikan pernyataan dan reaksi terhadap gangguan dan ketidakpedulian anak merupakan tanda bahwa guru ada bersama mereka. Contoh, tindakan guru untuk menunjukkan kehadirannya adalah; mengangkat bahu, menggelengkan kepala, mengerutkan dahi, dan memberikan komentar-komentar terhadap perilaku-perilaku anak atau kejadian-kejadian yang diamatinya di dalam kelas.
2.      Teknik kuratif
Dengan menggunakan teknik kuratif guru dapat melakukan beberapa hal, yaitu:
a)      penguatan negative.
Dalam menanggulangi tingkah laku anak yang menganggu kegiatan belajar, maka pemberian penguatan negatif merupakan suatu cara yang dapat ditempuh guru. Guru yang melakukan penguatan negatif akan berusaha untuk mengurangi atau selanjutnya menghilangkan suatu stimulus yang tidak menyenangkan, agar anak terdorong kembali untuk berperilaku yang sama sebagai akibat dari pengurangan atau penghilangan stimulus tersebut. Contoh, Ibu guru Dian menginginkan Novi yang pemalu berani menyanyi ke depan, untuk itu ia selalu menunjuk langsung Novi kurang berani bernyanyi ke depan sendiri (stimulus tidak menyenangkan), tetapi bila suatu saat Novi mulai berani menyanyi ke depan tanpa ditunjuk oleh guru, maka guru mulai mengurangi secara beranggsurangsur cara menunjuk langsung tersebut (penguatan negatif).
b)      Penghapusan.
Penghapusan dapat pula dilakukan guru dalam menanggulangi perilaku anak yang mengganggu kegiatan belajar. Kegiatan ini kebalikan dari penguatan, khususnya penguatan positif. Dalam penguatan positif tingkah laku anak dipertahankan, sedangkan dalam penghapusan, tingkah laku anak dikurangi atau dihilangkan sama sekali. Contoh, kebiasaan Dimas selalu menutup mulut dengan tangan apabila menjawab pertanyaan guru. Untuk setiap perilaku itu guru mengatakan secara langsung kepada Dimas agar tidak menutup mulut dengan tangan bila menjawab. Setelah itu Dimas dapat menghentikan perilaku itu dan guru memberikan respon. Kemudian guru untuk seterusnya tidak memperdulikan lagi Dimas yang berbicara sambil menutup mulut tersebut, dengan harapan Dimas mengurangi dan bahkan menghilangkan perilaku itu.
c)      Penghukuman.
Hukuman merupakan tindakan yang dapat pula diterapkan guru untuk anak yang berperilaku mengganggu kelancaran pembelajaran. Pemberian hukuman secara bijaksana terhadap hal-hal tertentu secara terbatas dapat menimbulkan akibat yang baik secara tepat, tetapi guru harus dengan hati-hati mencatat akibat-akibat dari hukuman itu. Sedapat mungkin pemberian hukuman hendaklah dihindarkan sekiranya masih ada alternatif yang lebih tepat untuk menghilangkan tingkah laku anak yang tidak diinginkan tersebut, sehingga tidak menimbulkan akibat-akibat sampingan baik tehadap anak maupun guru. Hukuman lebih banyak memberikan pengaruh psikologis yang negatif pada diri anak. Namun pemberian hukuman yang cocok dengan situasi dan perilaku anak, ada kemungkinan hukuman dapat meningkatkan proses pembelajaran anak.
d)      pembicaraan situasi pelanggaran dan bukan pelaku pelanggaran.
Bentuk tindakan lain yang dapat dilakukan guru dalam penangulangan masalah anak adalah dengan cara membicarakan situasi pelanggaran, bukan pelaku pelanggaran. Dalam hal ini guru dalam mengahadapi masalah perilaku anak, tidak bersikap marah atau tidak menyalahkan anak, tetapi memelihara situasi yang telah diciptakan. Contoh, guru tidak mengatakan "Gilang terlambat terus masuk kelas, kamu ternyata sulit menepati waktu, tetapi akan lebih baik guru mengatakan kepada anak yang terlambat "Bila Gilang terlambat terus, nach, nanti akan ketinggalan pelajaran dan juga dapat menganggu temanteman yang sudah belajar".
e)      pemasabodohan terhadap pelanggaran anak.
Guru dapat pula bersikap masa bodoh terhadap pelanggaran yang dilakukan anak yang berperilaku menguasai, kemudian memberikan respons positif jika anak bertingkah laku positif. Bersikap masa bodoh dimaksudkan tidak membedakan respon dari perilaku anak yang ingin menguasai.
f)       pemberian tugas yang memerlukan keberanian (bagi anak yang menunjukkan tingkah laku menguasai).
Jika guru memberikan respon justru menjadi faktor penguat bagi anak untuk bertingkah laku yang harus dihentikan.
g)      pemberian tugas yang menuntut kekuatan fisik (bagi anak yang menunjukkan tingkah laku menguasai).
Kemudian guru dapat pula memberikan tugas yang bersifat memimpin, memerlukan keberanian, menuntut kekuatan fisik, anak yang menunjukkan tingkah laku menguasai tersebut. Hal ini dilakukan guru agar anak yang berperilaku menguasai merasa dipandang dan dihargai karena kekuatan dan keberaniaannya, dengan demikian anak merasa puas dan tidak mencari perhatian lain yang bisa mengganggu proses pembelajaran. Contoh tugas yang bisa diberikan guru seperti; menunjuk anak menjadi ketua ketua kelas, memindahkan meja atau kursi, membagikan buku, membagikan kue pada teman-temannya dan sebagainya.
h)      penghilangan respon, ekspresi wajah tetap wajar (bagi anak, bagi anak yang menunjukkan tingkah laku membalas dendam.
Tidak memberikan respon dengan ekspresi wajah tetap wajar, merupakan tindakan guru terhadap anak yang menunjukan tingkah laku membalas dendam. Dalam hal ini guru tidak menghiraukan perilaku anak, begitu juga untuk teman-temannya. Guru diharapkan dapat meminta kepada anak-anak lain agar jangan menghiraukan perilaku anak tersebut. Dengan demikian anak akan merasa bahwa guru, maupun temannya bukanlah sasaran balas dendam, anak akan mencari sasaran lain di luar kelas.
i)        penyalahan anak secara tidak langsung, dan menunjukkan segi-segi keberhasilan (bagi anak yang menunjukkan tingkah laku ketidak mampuan.
Bagi anak yang menunjukkan tingkah laku ketidakmampuan, teknik penanggulangan yang dapat dilakukan guru adalah dengan cara tidak menyalahkan anak secara langsung, melainkan dengan jalan menunjukkan segi-segi keberhasilan anak. Dalam hal ini guru harus menyadari bahwa anak punya potensi. Anakbutuh dorongan dan kesempatan untuk mewujudkan kemampuannya. Tidak selamanya anak akan gagal dan salah. Oleh karena itu guru sebaiknya tidak menyalahkan anak secara langsung, jika anak berbuat salah. Berikan penghargaaan jika anak menunjukkan suatu keberhasilan, dengan demikian anak diharapkan terdorong untuk lebih meningkatkan usahanya dalam mewujudkan kemampuannya dalam pembelajaran. Contoh, dalam permainan Kucing- Tikus, Yana bermain curang, karena tidak mau mengakui kalau ia sebagai tikus sudah tertangkap kawannya. Menghadapi situasi ini guru menegur Yana supaya tidak bermain curang lagi. Tetapi dalam kegiatan bermain di bak pasir, Yana dapat membuat taman yang bagus. Usaha Yana ini dihargai Ibu guru dan berkata," Anak-anak coba lihat yang di buat Yana di bak pasir, taman yang indah, baguskan tamannya Yana?", sambil guru tersenyum dan menganggukan kepala pada Yana.
j)        peningkatan partisipasi anak dalam beraktifvitas.
Teknik penangulangan lain yang dapat dilakukan guru adalah mendorong dan meratakan partisipasi anak dalam beraktivitas.
k)      meratakan partisipasi anak.
Dalam hal ini guru menyadari bahwa dalam kegiatan pembelajaran dapat saja ditemui anak yang kurang berpartisipasi, dan pada sisi lain ada pula anak yang dengan segala kemampuannya aktif berpartisipasi dalam pembelajaran. Menghadapi ini guru perlu memberikan dorongan kepada anak yang kurang berpartisipasi, sedangkan bagi anak yang terlalu aktif berpartisipasi, guru perlu membatasinya dengan cara yang tidak mematikan motivasi anak untuk berpartisipasi aktif. Contoh, permainan memasukkan bola sangat disenangi anak-anak. Rifki selalu berkeinginan untuk melakukannya berulang-ulang dengan demikian ia dapat memasukkan bola ke keranjang sebanyak mungkin. Berbeda dengan Putri yang selalu diam, seperti tidak tertarik dengan permainan itu. Menghadapi hal ini guru berkata, "Anak-anak Ibu, yang sudah melempar bolanya berbaris dulu dibelakang, nanti bargantian melempar bola lagi setelah temannya yang belum mencoba". Sedangkan untuk Putri, sambil memegang tangannya dan menggiring ke depan guru berkata, "Ayo, sini sayang, sekarang Putri yang memasukkan bola lagi, ya...." Guru membantu Putri memegang bola dengan posisi tangan yang benar dan setelah Putri berhasil memasukkan bola Ibu guru memberikan pujian padanya.
l)        pengurangan ketegangan.
Mengurangi ketegangan merupakan tindakan penangulangan masalah anak yang disebabkan oleh adanya perbedaan-perbedaan dalam kelompok yang dapat melahirkan ketegangan dalam kelas. Guru diharapkan dapat menurunkan ketegangan bahkan menghilangkan ketegangan tersebut. Contoh, Kiki menangis karena diejek teman-teman sekelasnya, karena gambar yang dibuatnya tidak dapat diwarnainya dengan baik. Menghadapi situasi ini guru menenangkan Kiki dan menenangkan kelas, dengan berkata," Ayo anak-anak diam dan duduk ke tempat duduknya, sekarang Ibu bertanya, boleh kita menertawakan pekerjaan teman? " Pertanyaan guru dan jawaban "tidak" dari anak dapat menenangkan Kiki dan dapat meredakan ketegangan di dalam kelas.
m)   penyelesaian pertentangan antar pribadi atau antar kelompok.
Untuk mengatasi masalah anak yang bersumber dari pertentangan anak baik individu, maupun kelompok, guru diharapkan dapat mengamati secara seksama kondisi hubungan antara anak dan berusaha mengatasi pertentangan-pertentangan yang ditemukan. Pertentangan itu bisa terjadi sesaat di dalam kelas, tetapi juga kadang kala sudah terjadi diluar kelas sampai terbawa ke dalam kelas.
DAFTAR PUSTAKA
Ahmadi, Abu dkk. (1991). Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi. (1992). Pengelolaan Kelas dan Siawa (Sebuah Pendekatan Evaluatif). Jakarta: CV. Rajawali
Bauer M, Anne. Sapona H, Regina. (1985). Managing Classroom to Facilitate Learning. Boston: Allyn Bacon
Bernard, Harold W. (1970). Mental Health in the Classroom. New York: Me Graw-Hill Book Company
Bolla, Jhon I. (1985). Keterampilan Mengelola Kelas, ed. T. Raka Joni dan G.A.K. Wardani. Jakarta: Depdiknas
Bredekamp, Sue. (1987). Developmentally Appropriate Practice in Early Childhood Program Serving Children from Birth Through Age 8. Washington : NAEYC
Depdikbud. (1998). Metodik Khusus Program Pembentukan Perilaku di Taman Kanak- Kanak, Jakarta
Dunne, Ricard dan Ted Wragg. (1996). Pembelajaran Efektif. Terjemahan Anwar Yasin. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia
Gary. D, Borich. (1996). Effective Teaching Methods, New Jersey: Prentice-hall. Inc
Gordon, Thomas. (1984).Guru yang Efektif : Cora Mengatasi Kesulitan dalam Kelas : Alih Bahasa Mudjito. Jakarta: Rajawali
Hadiyanto (2000). ManajemenPeserta Didik. Padang: UNP Press


0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More