Saturday 2 April 2011

Kebakaran Meluas, Ledakan Terus Terdengar di Pertamina Cilacap

 - Kebakaran di kilang minyak milik Pertamina Cilacap belum bisa dipadamkan. Bahkan terdengar ledakan terus menerus dari dua tangki yang terbakar.

Pantauan detikcom di lokasi kebakaran, ledakan cukup keras terdengar sekitar pukul 16.45 WIB, Sabtu (2/4/2011). Ledakan ini diiringi oleh ledakan-ledakan berikutnya.

Pihak pertamina mulai was-was kobaran api akan merembet ke tangki lainnya. Karenanya semua petugas yang masih berjaga di dalam diminta keluar dari area. Kini tinggal petugas kepolisian dan petugas pemadam kebakaran yang berjuang memadamkan api.

VP Corporate Communication, Mochamad Harun, menuturkan, Pertamina terus berusaha memadamkan api di tangki tersebut. Pertamina mencoba melokalisir agar tangki lainnya tidak ikut terbakar.

"Kendala yang harus dihadapi adalah berubah-ubahnya arah angin sehingga api merambat ke tanki yang 31 T-3 yang berada di sebelahnya. Untuk mengatasi hal tersebut, Pertamina mengupayakan penambahan supply foam untuk membantu memadamkan api dan usaha melokalisir kembali api," ujar Harun kepada dekcom.

Harun menuturkan, pengosongan tangki juga terus dilakukan. Pertamina mencoba mengurangi bahan bakar yang memperbesar kobaran api.

"Sementara itu, usaha pengosongan tangki tetap terus dilaksanakan, begitu juga usaha mencegah penyebaran api dengan cara menggunakan tirai air di tangki-tangki lain yang terdekat," jelasnya.

Untuk menjaga keamanan usaha pemadaman, saat ini salah satu unit yang terdekat dengan tangki tersebut dihentikan operasinya, sementara unit-unit lainnya tetap beroperasi normal. Pasokan BBM dinyatakan normal.

Saat ini Direktur Utama Pertamina sudah berada di lokasi Kilang Cilacap untuk secara langsung memantau perkembangan usaha pemadaman api.
Sumber: http://images.detik.com/content/2011/04/02/10/Kilang-Cilacap_1.JPGJakarta
KEMBALI KE HALAMAN UTAMA

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More